Judul asli: A Street Cat Named Bob
Penulis: James Bowen
Penerjemah: Istiani Prajoko
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
Bahasa Asli: Inggris
Terbit: Oktober 2012

Sinopsis:

Ketika James Bowen menemukan seekor kucing jalanan yang terluka di koridor rumah susunnya, dia tidak tahu bahwa kucing itu akan mengubah hidupnya. James yang sehari-hari menyambung hidup dari mengamen berpenghasilan tak menentu, dia juga tengah terbelit masalah serius terkait kecanduannya terhadap narkoba.

Dalam keadaan seperti itulah dia memelihara sahabat barunya, Bob. Namun, hal itu tidak mengganggu persahabatan mereka. Mereka tak terpisahkan. Bob membuntuti James ke mana pun, bahkan ikut mengamen bersama James. Segera saja pemandangan James dengan Bob yang meringkuk tenang di bahunya menjadi lumrah bagi warga London.

Kehadiran Bob yang setia perlahan-lahan menyadarkan James untuk menata hidupnya. Dengan Bob di sisinya, James mulai berjuang melepaskan diri dari jeratan narkoba dan menjalin kembali hubungan yang sempat terputus dengan keluarganya di Australia.

Inilah kisah persahabatan yang unik dan mencerahkan. Kisah nyata ini mengetuk hati kita betapa pertolongan bisa datang dalam berbagai cara, bahkan melalui kasih sayang seekor kucing.