Pengarang: Tom Hanks
Penerjemah: Ingrid Nimpoeno
Penyunting: Yuli Pritania
Penerbit: Noura Books

Tebal: 491 halaman

uncommon-type

Hubungan sepasang kekasih yang didominasi pihak wanita, aktor kelas dua yang mendadak terkenal, kolumnis koran kota kecil yang harus menghadapi modernisasi, kehidupan seorang janda yang terus didekati tetangga barunya, dan yang paling unik: kisah seorang pria yang berusaha kabur dari ketenaran instan yang dia dapatkan.

Itulah sederet tema yang diangkat Tom Hanks dalam antologi Uncommon Type, yang terdiri dari 17 cerita pendek. Untuk pertama kalinya, aktor pemenang dua Piala Oscar ini berbagi kisahnya kepada dunia bukan melalui media film—sebuah kesempatan untuk menyelami pikiran dan pandangannya tentang persahabatan, keluarga, cinta, dan keseharian manusia.

Tentang Tom Hanks

Tom Hanks

TOM HANKS, AKTOR PEMENANG dua piala Oscar yang terkenal lewat perannya dalam film Forrest Gump dan The Da Vinci Code ini juga seorang penulis skenario, sutradara, dan, melalui Playtone, produser. Tulisannya muncul di The New York TimesVanity Vair, dan The New YorkerUncommon Type adalah koleksi fiksi pertamanya.

Tom Hanks menikah dengan Rita Wilson pada tahun 1988 dan memiliki dua orang putra.

Salah satu kutipannya yang terkenal: “Aku terus bertanya-tanya mengapa hal-hal buruk terjadi kepada orang-orang  baik dan mengapa hal-hal baik terjadi kepada orang-orang jahat. Kurasa itu adalah pertanyaan yang tidak akan pernah terjawab dalam sejarah hidup umat manusia.”[]