gerard

 

Judul asli: The Exploits of Brigadier Gerard

Judul terjemahan: Exploits of Gerard

Penulis: Sir Arthur Conan Doyle

Penerjemah: Rien Chaerani

Penyunting: Muthia Esfand

Penerbit: Visimedia Pustaka

Bahasa asli: Inggris

Tahun terbit: 2013

 

 

Sinopsis:

“Kalian akan melihat Brigadir Gerard menerima medali kehormatan istimewa, karena aku yakin dia serdadu paling gigih dan berhati paling tangguh dalam tentaraku.” ~Napoleon Bonaparte~

Siapakah sosok tentara berkuda yang tampan, pemberani, heroik, sedikit angkuh, kocak, sekaligus ringan tangan itu? Ah, rupanya itulah Gerard, sang prajurit Prancis yang diam-diam dikagumi oleh Napoleon karena kesetiaan dan kegigihannya dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan kepadanya. Gerard adalah tipikal Frenchman yang memesona setiap perempuan yang berkenalan dengannya, meskipun terkadang lebih membanggakan kemampuan fisik daripada akalnya dalam berstrategi.

Karakternya yang berapi-api membuatnya sering terlibat petualangan yang tak terduga. Suatu saat dia menyerbu ke kastel yang dikuasai bangsa Cossack. Kali lain dia tertangkap pasukan Inggris dan menjadi tawanan mereka. Nekat menerobos daerah yang dikuasai tentara Jerman untuk menyampaikan surat mandat yang sebenarnya palsu pun rela dia lakukan. Dia juga menjadi kepercayaan Kaisar Napoelon Bonaparte untuk mengamankan dokumen rahasia sebelum dia diasingkan.

Sang maestro fiksi, Sir Arthur Conan Doyle, menampilkan karakter serdadu petualang yang bersemangat dalam mengisahkan semua petualangannya di medan tempur, kekonyolan dan keluguannya, perasaannya sebagai tentara Prancis yang selalu merasa aneh dengan kelakuan tentara Inggris musuh besarnya, hingga kisah cintanya yang cenderung tak biasa.