dear-kittyJudul Asli: Anne Frank: Diary of a Young Girl
Pengarang: Anne Frank, Susan Masotty (Penerjemah Belanda – Inggris)
Penerjemah: Dina Begum
Penyunting: Anton Kurnia
ISBN: 978-979-024-398-9
13 x 20,5 cm -412+vi –
Terbit: Mei 2013

Sejak ditemukan di loteng tempat Anne Frank menghabiskan dua tahun terakhir usianya, buku hariannya-yang diberi nama “Kitty”-menjadi karya klasik dunia. Buku luar biasa ini menjadi peringatan akan betapa kejamnya perang sekaligus kesaksian atas betapa dahsyatnya semangat hidup manusia.

Pada 1942, saat Nazi menduduki Belanda, seorang gadis Yahudi berusia 13 tahun bernama Anne Frank beserta keluarganya meninggalkan rumah mereka di Amsterdam untuk bersembunyi. Selama dua tahun berikutnya, sampai keberadaan mereka diketahui Gestapo, mereka dan satu keluarga lain tinggal terasing di “Paviliun Rahasia” sebuah kantor. Terputus dari dunia luar, mereka mengalami kelaparan, kejemuan, tekanan tiada henti akibat hidup di dalam ruang gerak terbatas, dan ancaman ditemukan serta kematian yang selalu membayangi.

Di dalam buku hariannya yang ditulis dalam persembunyian, Anne merekam pengalamannya yang amat mengharukan dengan gamblang dan enak dibaca. Pemaparannya menyentuh perasaan, terkadang menggemaskan dan lucu, mengisahkan pengalaman hidup, keberanian dan kerentanan manusia, cita-cita dan harapan, kisah cinta dan persahabatan, serta potret seorang gadis remaja penuh semangat.

“Salah satu buku terhebat abad ini.”-Guardian

“Cerdas, lucu, dan tragis.”-Sunday Times

“Buku harian Anne Frank adalah monumen bagi semangatnya yang luar biasa dan orang-orang yang mengupayakan perdamaian. Membaca buku ini adalah pengalaman yang memperkaya dan bermanfaat.” -Eleanor Roosevelt, mantan Ibu Negara Amerika Serikat.

Baca ulasan.