Segitiga Emas
Judul asli
: The Golden Triangle (Arsène Lupin #9): The Return of Arsene Lupin
Penulis: Maurice Leblanc, Alexander Teixeira de Mattos (Penerjemah)
Penerjemah: Dina Begum
Penyunting: Muthia Esfand
Penerbit: Visimedia
Terbit: Maret 2013
ISBN: 979-065-171-6
520 halaman

Sejatinya novel ini berbahasa Prancis, aku menerjemahkan dari versi bahasa Inggris. Entah karena ini karya klasik atau bukan, frasa “no doubt” muncul 46x di dalam novel ini, ada di setiap bab. Rekor!

It was no doubt in this lodge, or in the garden round it, that they were murdered. 

No doubt the drama was being continued, as he had felt that it would be, but perhaps elsewhere and far away from Coralie.

“Did you see? There are some words there, the last, no doubt, that my father wrote.”

Dan seterusnya, yang membuat proses penerjemahan jadi tak terlupakan.

Sinopsis:

Tak tanggung-tanggung, empat negara turut terkait dalam perebutan emas bernilai miliaran franc: Inggris, Turki, Mesir, dan Prancis. Kapten Patrice Belval, seorang veteran perang yang tak lagi memiliki kaki yang sempurna, tanpa sengaja terlibat dalam konflik itu. Padahal, niat awalnya hanyalah menyelamatkan Coralie, seorang perawat yang diam-diam membuatnya jatuh hati.

Ketika pihak berwenang ikut terlibat, Patrice dan Coralie dikejutkan dengan adanya benang merah yang ternyata menjadi penghubung takdir mereka. Keadaan semakin rumit ketika orang yang diyakini menjadi pemegang kunci keberadaan harta itu, tewas mengenaskan. Satu-satunya petunjuk yang ditemukan di saku mantelnya adalah kumpulan foto Patrice dan Coralie dari kecil hingga dewasa.

Saat Patrice dan Coralie hampir terbunuh di sebuah ruang tertutup, Arsène Lupin datang menyelamatkan. Rupanya Ya-Bon, sahabat setia Patrice, mengirimkan tanda mengharap si pencuri aristokrat datang membantu mengurai benang kusut dalam misteri tersebut. Kehadiran Arsène Lupin menjadi penerang kasus yang semakin gelap di mata Patrice. Sampai ketika mereka menemukan petunjuk menyesatkan yang membuat mereka malah semakin menjauh dari tumpukan emas yang aman tersembunyi.

Iklan