sherlock1

 

Judul terjemahan: The Curious Cases of Sherlock Holmes

Penulis: Sir Arthur Conan Doyle

Penerjemah: Istiani Prajoko, Linda Boentaram, Rien Chaerani

Penyunting: Muthia Esfand

Penerbit: Visimedia Pustaka

Bahasa asli: Inggris

Tahun terbit: 2012

 

 

 

Sinopsis:

Kasus-kasus yang datang ke Baker Street 221 B, ternyata tak seluruhnya berakhir dengan penjelasan yang sejalan dengan deduksi Sherlock Holmes. Kasus yang pada mulanya terlihat sangat logis, dengan bukti-bukti pendukung yang selaras dengan pola kerja Holmes dan Dr. Watson, dalam prosesnya menjelma menjadi kasus dengan pelaku, modus, dan latar belakang yang mengejutkan.

Bukan sekadar menghadapi pelaku kejahatan biasa, Holmes juga dipusingkan oleh ulah manusia jadi-jadian, makhluk asing dari lautan, bahkan teka-teki yang menewaskan keluarga seorang klien. Dalam sebuah kasus, Dr. Watson bahkan nyaris kehilangan nyawa saat berhadapan dengan seorang penipu ulung asal Amerika.

Tujuh kisah dalam buku ini diambil dari beberapa kumpulan cerita Sherlock Holmes yang memiliki benang merah berupa kasus-kasus ganjil yang juga ditangani oleh Holmes dan Dr. Watson. Tak hanya itu, Sherlockian juga disuguhi artikel tentang proses penganugerahan gelar kesatria dari Kerajaan Inggris kepada Sir Arthur Conan Doyle, padahal dalam salah satu cerita yang ditulisnya, Sherlock digambarkan menolak penganugerahan gelar bangsawan itu.

Iklan