sherlock2

 

Judul terjemahan: Sherlock Holmes: Suspects Freed

Penulis: Sir Arthur Conan Doyle

Penerjemah: Linda Boentaram, Rien Chaerani

Penyunting: Muthia Esfand

Penerbit: Visimedia Pustaka

Bahasa asli: Inggris

Tahun terbit: 2012

 

 

 

Sinopsis:

Apa yang membedakan Serlock Holmes dengan penegak hukum kebanyakan di Inggris pada masa itu? Barangkali sisi kemanusiaannya yang kental, yang membuatnya terkadang melepaskan begitu saja seorang pelaku kejahatan. Karakter Sherlock Holmes yang cenderung logis, ternyata luluh juga oleh kasus-kasus yang menyentuh sisi manusiawinya.

Saat akhir kasus mulai menampakkan kejelasan, Holmes akan menimbang ulang semua fakta yang ada, tak lupa meminta pandangan dari sang partner setia, Dr. Watson, sebelum memutuskan menyerahkan si pelaku kepada penegak hukum ataukah melepaskannya karena kejahatan yang dilakukan sebenarnya tidak disengaja atau mempertahankan diri.

Dalam buku ini, Sherlockian diajak berpetualang bersama sang detektif untuk menyelidiki berbagai kasus yang berujung tak terduga. Ada pelaku kejahatan yang dibiarkan lepas begitu saja, ada yang dibantu untuk melarikan diri dari kejaran polisi, bahkan ada pula yang terpaksa dikirim ke rumah sakit jiwa! Tak hanya itu, dalam buku ini juga akan disajikan artikel yang mengungkapkan sebuah kasus yang pernah ditangani Sir Arthur Conan Doyle di dunia nyata. Kasus yang membuatnya dikenal sebagai salah satu pemicu reformasi hukum di Inggris.