Judul asli: Shatter Me
Penulis: Tehereh Mafi
Penerjemah: Dina Begum
Penerbit: Mizan Fantasi
Bahasa Asli: Inggris
Terbit: Oktober 2012

Sinopsis:

Negara melihat betapa menguntungkan betapa berbahayanya aku, dan mereka pun memutuskan untuk menyekapku di sebuah penjara menjauhkanku dari manusia normal. Mereka ingin menjadikanku senjata pemusnah menciptakan kedamaian yang sempurna di dunia ini.

Datanglah Adam. Tampan, memikat, memesona, baik hati. Di matanya, aku cantik aku tidak berbahaya. Lalu, kami pun bersekongkol berdiskusi. Adam akan membantuku keluar dari kurungan pengasingan ini, dan kami akan hidup bahagia nun jauh di sana. Itu janjinya.

Tapi, apakah dia bisa menepatinya? Tidakkah dia sadar bahwa suatu saat nanti aku bisa saja mengubah dan menghancurkannya menjadi serpihan abu?

“Mendebarkan, bikin ketagihan, dan penuh romantisme. Aku iri. Aku tidak bisa berhenti membacanya.”
Lauren Kate, penulis novel best-seller Fallen

–ooOoo–

Seingatku ini buku pertama yang kubaca yang latar belakangnya distopia, sebuah masyarakat yang umumnya hidup di bawah pemerintah yang totaliter atau otoriter, atau diawasi di bawah pengawasan sosial yang ketat dan menindas. Saat membaca tentang ‘kutukan’ Juliette, aku teringat tokoh Rogue di X-men. Benar saja, ternyata ujung-ujungnya ke sana. Yang menarik dari kisah ini adalah gaya bercerita Mafi yang unik.

Selengkapnya.