Copycats menawarkan strategi bisnis yang berbeda dari kebanyakan bisnis lainnya. Jika selama ini, dalam dunia bisnis inovasi sangat dikedepankan, dan imitasi-atau meniru- dijauhi, buku ini justru menyarankan yang sebaliknya. Buku ini sangat mendukung metode dengan meniru.

Buku ini memberikan bukti-bukti bahwa tidak ada satu pun ide, konsep, atau fungsi yang benar-benar orisinal. Semua itu biasanya berdasarkan tiruan-baik seluruhnya, maupun sebagian-dari ide, konsep, atau fungsi yang sudah lebih dulu ada. Metode meniru dibicarakan tidak hanya berdasarkan pandangan dunia bisnis semata, tetapi juga dalam pandangan biologi, dan bahkan psikologi.

Hal ini semakin meyakinkan bahwa metode meniru benar-benar digunakan dalam seluruh aspek kehidupan. Pengarang juga memberikan contoh nyata perusahaan-perusahaan yang sukses dengan metode meniru, perusahaan-perusahaan yang gagal, mengapa mereka gagal, tantangan dalam menggunakan metode meniru, dan bagaimana strategi untuk berbisnis dengan metode meniru. Semuanya bisa didapatkan dari buku ini.

Pengarang buku ini, Oded Shenkar, bukan hanya pengusaha, tetapi juga pengajar di Universitas Negeri Ohio sekaligus juga mengepalai divisi bisnis internasional. Di dalam bukunya, Shenkar menyertakan hasil wawancaranya dengan para petinggi perusahaan-perusahaan sukses dan terkenal.

Penjabarannya mengenai penggunaan metode meniru sangat menyeluruh dan meyakinkan sekaligus juga mencerahkan dan memberikan sudut pandang baru dalam melakoni sebuah bisnis, baik kecil, sedang, maupun besar.

Penulis Asli : Oded Shenkar

Penerbit Asli: Harvard Business Press

Bahasa Asli : Inggris

Penerjemah : Tantie Kustiantie

Penrebit Versi  Indonesia : PT Elex Media Komputindo

Terbit : 2011

Tebal : 248