Penulis: Kate Douglas Wiggin
Penerjemah: Hani Iskadarwati
Penyunting: Rini Nurul Badariah

Penerbit: Orange Books
Bahasa Asli: Inggris
Tahun terbit: 2011

“Aku kira Aurelia akan mengirimkan anak yang kita minta, tetapi sepertinya dia ingin mengerjai kita dengan mengirimkan yang liar itu,” kata Miranda Sawyer.

“Bukankah itu kesempatan buat kita untuk mengembalikannya ke jalan yang benar?” ujar Jane Sawyer.

“Bila dia banyak berulah seperti dulu, sebaiknya kita jangan berharap duduk tenang!”

***

Keadaan memaksa Rebecca meninggalkan Sunnybrook Farm, tempatnya dibesarkan bersama keenam putra-putri keluarga Randall yang lain. Ia mengerahkan keberanian untuk tinggal dengan keluarga Sawyer, bukan saja karena yang diminta pergi ke Riverboro adalah Hannah, sang kakak, tetapi juga ketidaksukaan keluarga Sawyer kepada almarhum ayahnya.

Rebecca harus beradaptasi dengan carar didik kedua bibinya yang keras, sekaligus harus membuat seluruh keluarga bangga akan prestasi dan
perilakunya sehari-hari. Bagaimana Rebecca mengatasi rindu rumah? Apakah ia
dapat bertahan di Riverboro dan menerapkan cara didik kedua bibinya? Dan siapakah Mr. Aladdin yang telah “mencuri” hati Rebecca?

Kisah perjuangan seorang gadis cilik dalam terpaan persoalan hidup yang mengundang kontemplasi, rasa haru, dan tawa riang. Mengingatkan kita pada kisah Anne of Green Gables, A Little Princess, atau Pollyanna, meski sebenarnya Rebecca of Sunnybrook Farm terbit lebih dulu dari ketiga novel tersebut.