Penulis     : Greg Mortenson dan Susan L. Roth

Penerjemah: Istiani Prajoko

Penerbit      : Edelweiss

Cetakan I    : April 2010

Pengarang buku laris Mortenson menceritakan kisahnya yang menakjubkan ini dalam buku yang ditulisnya untuk orang dewasa, berjudul Three Cups of Tea (2006). Dalam buku Listen to the Wind ini, Mortenson dan Roth menceritakan kembali kisah tersebut melalui sudut pandang anak-anak Pakistan.

Dalam pendakian ke gunung K2 di Pakistan, Mortenson tersesat dan terdampar di sebuah desa di Pakistan. Setelah diselamatkan dan dirawat sampai sembuh oleh penduduk desa itu, Mortenson ingin tahu apa yang dapat dilakukannya untuk membalas budi. Atas sarang seorang bijak agar dia ‘mendengarkan desau sang angin’ (Listen to the Wind), Mortenson mendengar suara anak-anak yang haus akan ilmu; suara anak-anak yang dibantunya belajar selama ia memulihkan kesehatan. Dia memutuskan akan membangun sekolah untuk anak-anak tersebut. Daerah yang terjal dan terpencil menjadi penghalang utama, tetapi akhirnya sekolah itu berhasil dibangun dan kemudian dibuka dengan perayaan.

Buku bergambar yang penuh narasi ini berhasil menggambarkan cerita Mortenson, dengan berfokus pada hal-hal yang paling penting bagi anak-anak: kemunculan orang asing, drama pembangunan sekolah, akhir yang bahagia. Kolase dari kain perca, kertas yang dipotong-potong, dan bahkan chip komputer yang berwarna-warni berhasil melukiskan pemandangan yang dramatis dan usaha keras yang menakjubkan. Anak-anak juga akan menikmati album foto, peta, dan keterangan tambahan — Linda Perkins