Penulis: Orson Scott Card

Penerjemah: Femmy Syahrani

Penerbit: MLC

Harry Potter adalah tokoh fiktif dalam novel karya J.K. Rowling, tapi dalam benak pembaca, dia begitu hidup dan nyata. Bukan hanya Harry, tetapi juga tokoh-tokoh lain yang dalam cerita itu. Demikianlah sebuah fiksi yang berhasil mengembangkan karakterisasi dengan baik. Tokohnya begitu berkesan sehingga pembaca merasakannya seperti seseorang yang benar-benar ada. Maka melegendalah nama-nama seperti Sherlock Holmes ciptaan Arthur Conan Doyle, Hercule Poirot ciptaan Agatha Christie, atau James Bond ciptaan Ian Fleming.

Bagaimana pengarang-pengarang itu menciptakan tokoh yang demikian memikat dan dipercaya?

Buku ini seperti seperangkat alat yang dapat Anda gunakan untuk menempa tokoh-tokoh fiksi yang kini menghuni pikiran, imajinasi, dan jiwa Anda. Di dalam buku ini, dijelaskan secara mendalam teknik-teknik mencipta dan mengembangkan tokoh, serta menampilkan cerita dari suatu sudut pandang dalam novel dan cerpen.

Anda akan belajar….
– Mengambil tokoh dari beragam sumber, termasuk dari ide dasar cerita, kehidupan nyata — bahkan dari keadaan sosial tokohnya.
– Membuat tokoh menunjukkan siapa diri mereka melalui perbuatan dan perkataan dan melalui “gaya” individual mereka.
– Mengembangkan tokoh yang akan dicintai — atau dibenci — pembaca.
– Membedakan antara tokoh penting, tokoh sampingan, dan tokoh figuran, serta mengembangkan setiap tokoh sesuai dengan tingkatannya.
– Memilih sudut pandang yang paling efektif untuk mengungkapkan tokoh dan menggerakkan cerita.
– Memutuskan sedalam apa Anda menjelajahi pikiran, emosi, dan sikap
tokoh.

Iklan