Nama penulis: Ricardo Semler, CEO Semco

Nama penerjemah: Mila K. Kamil

Nama penerbit: Kaifa

Bayangkan sebuah perusahaan yang:
– karyawannya menentukan sendiri jam kerjanya dan atasannya
– karyawannya punya akses tak terbatas ke semua laporan korporat dan mengatur sendiri pendapatan dan kuota produksinya
– tak ada anggaran kerja jangka panjang, bagan organisasi atau pun fasilitas kerja pribadi
– CEO-nya membiarkan karyawan mengambil keputusan

Walaupun sekilas tampak kacau, perusahaan ini betul-betul berhasil! Semco, sebuah perusahaan multi-internasional berbasis di Brazil, kini telah mempekerjakan 3.000 orang yang tersebar di tiga negara. Dengan rata-rata pertumbuhan tahunan di atas 40%, pendapatan per tahun Semco mencapai $ 212 juta pada tahun 2003.

Ricardo Semler, CEO, mendobrak semua aturan tradisional umum dalam bisnis. Semler menghilangkan semua hal yang ia sebut “penindasan korporat” di perusahaannya. Hasilnya, tingkat keluar masuk karyawan hampir tidak ada dan tak ada tanda-tanda bahwa pertumbuhan perusahaannya akan berhenti.

Semco telah menjadi studi kasus di 76 universitas dan menjadi bacaan wajib di 271 sekolah lain. Enam belas kandidat doktor dan master telah mengangkat Semco sebagai subjek disertasi dan tesis mereka. Ratusan artikel koran dan majalah mengulas perusahaan itu. BBC, CNN dan lusinan program televisi lain mengangkat profil Semco ini. Lebih dari 300 pidato telah disampaikannnya di hadapan kelompok bisnis, sosial, pemuda, dan universitas ternama seperti Stanford, Harvard, MIT dan sebagainya.