Penerbit: Qanita

Penerjemah: Sofia Mansoor

Benarkah, wanita masa kini adalah korban kaum feminis generasi ibu mereka? Bukankah kini tidak ada lagi profesi yang tak bisa diduduki wanita? Bukankah semua pintu telah terbuka bagi anak cucu Hawa?

Seolah tinggal memetik buah perjuangan generasi ibu mereka, wanita kini memang berhasil meraih berbagai pencapaian dan menikmati kebebasan yang bagi beberapa generasi wanita masa lalu hanyalah impian. Bagaimanapun, banyak pertanyaan yang belum terjawab terselip di balik ”kenyamanan” itu: Benarkah karir lebih penting dan lebih memuaskan batin ketimbang membesarkan anak? Mengapa keseimbangan menjadi ibu yang baik dan ibu pekerja beitu sulit dipahami? Apakah kaum pria dan wanita harus berusaha menempuh kehidupan yang persis sama, atau apakah ada alasan yang baik untuk mengakui adanya pembagian tugas antara ayah dan ibu, suami dan istri? Apakah pembagian ini membuat kita ”tidak setara”?

Dalam Wanita Salah Langkah? , Danielle Crittenden mengungkap asal usul kegalauan tersebut – mitos-mitos kebebasan yang ditanamkan generasi terdahulu demi mendorong putri mereka memburu kemandirian dengan menghalalkan segala cara, bahkan ketika cara-cara itu mengabaikan kodrat alam. Merangkum hasil penelitian dan analisis Crittenden selama sepuluh tahun tentang kehidupan wanita modern, Wanita Salah Langkah? juga memperkenalkan pemikiran baru tentang berbagai masalah dalam masyarakat untuk membantu wanita meraih kehidupan yang didambakannya. Keluasan bacaan Crittenden dan keterlibatan personalnya membuat karya ini – meski mengguncangkan – tampil sebagai kritik yang empatik.

Iklan