Penerbit: Kaifa

Penerjemah: Sofia Mansoor

Catatan:

Begitu menariknya buku ini sehingga saya hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan saja untuk menyelesaikan terjemahannya. Bahasanya sederhana dan mudah dimengerti. Isinya pun tentu sangat menarik bagi saya yang pernah menghadapi sedikit masalah jantung.

Christiaan Barnard, dokter bedah jantung yang paling disegani di dunia, menuliskan rumusannya — berdasarkan pengalaman praktik selama lebih dari 30 tahun — agar kita dapat memiliki jantung yang prima. Menurut Barnard, makanan yang kita konsumsi, cara kita mengelola stres, lingkungan yang kita ciptakan untuk diri kita, aktivitas yang kita jalani, sikap kita terhadap hidup — semua faktor ini — mempengaruhi kesehatan dan menentukan seberapa sehat jantung kita. Dokter Barnard menganalisis setiap aspek penting dalam kehidupan kita, dan menawarkan strategi gaya hidup agar kita dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Ditulis oleh dokter yang paling autoritatif di bidangnya, Kiat Jantung Sehat Dr. Christiaan Barnard memuat saran-saran sederhana yang sangat mudah dipraktikkan, seperti:

* Hindarilah diet
* Makanlah lemak yang tepat
* Banyak-banyaklah tersenyum dan tertawa
* Perbanyaklah teman dan silaturahmi
* Nikmatilah kehidupan seks yang sehat

Pada tahun 1967, Prof. Christiaan Barnard menjadi pelopor bedah modern ketika dia melakukan operasi cangkok jantung pertama di dunia. Sejak saat itu, dia telah menolong lebih dari 150 nyawa melalui bedah jantung. Pada tahun 1998, dia mendirikan Barnard Foundation yang bertujuan memberikan konsultasi bagi keluarga berencana dan bantuan medis bagi anak-anak yang menderita sakit. Prof. Barnard meninggal pada 3 September 2001, di Siprus, dalam usia 78 tahun.

Iklan