The-Navigator

 

Judul terjemahan: The Navigator

Penulis: Clive Cussler, Paul Kemprecos

Penerjemah: Rien Chaerani

Penerbit: Dastan Books

Bahasa asli: Inggris

Tahun terbit: 2008

 

Sinopsis:

Irak, 2003. Museum Sejarah Baghdad mengalami perampokan besar-besaran selama invasi AS. Semua barang bersejarah yang berharga lenyap dijarah. Carina Mechadi, seorang utusan PBB dari UNESCO, mengajukan diri untuk mencari dan mengembalikan barang-barang bersejarah tersebut. Beragam intrik dan pembunuhan mewarnai usaha pengembalian barang-barang tersebut.

Samudra Pasifik. Kapal pengangkut barang-barang jarahan Irak dibajak oleh dua helikopter. Para pembajak mengincar sebuah patung bernama Navigator. Aksi itu berhasil digagalkan oleh Kurt Austin, kepala National Underwater and Marine Agency (NUMA). Mengapa hanya patung Navigator yang diincar? Austin dan Mechadi bekerja sama untuk menjawab pertanyaan tersebut. Fakta-fakta yang mereka temukan dalam penyelidikan mengarah pada: Harta Raja Solomon, Ratu Saba, Tabut Perjanjian Lama, Thomas Jefferson, dan sebuah perkumpulan bernama Artichoke Society. Mereka juga menemukan bahwa semua kengerian yang mereka alami disebabkan oleh Viktor Baltazar, seseorang yang mengaku sebagai keturunan Raja Solomon.

Mechadi dan Austin terlibat dalam aksi kejar-mengejar mematikan dengan Baltazar demi mengungkap rahasia di balik patung Navigator. Rahasia yang dapat menyeret dunia ke ambang perselisihan dan kehancuran…